Tips Menjalankan Ibadah Umrah di Usia Muda

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 17 Oktober 2022, 21:09:22

Banyak yang beranggapan, bahwa melakukan ibadah haji atau umrah harus ketika sudah tua, masa pensiun, atau harus jadi orang kaya terlebih dahulu. Padahal, tidak perlu menunggu tua untuk menunaikan umrah. Justru saat masih muda, maka Anda bisa melakukan ibadah dengan maksimal. Kok bisa?

Tentu saja, karena untuk melakukan seluruh kegiatan pada rangkaian ibadah umrah, diperlukan banyak energi dan kondsi fisik yang kuat. Ketika masih muda, sehat, segar bugar, Anda dapat mulai merencanakan untuk menjalankan ibadah umrah ke Baitullah. Mulailah dengan niat kuat untuk melaksanakan umrah waktu masih muda.

18.jpg

Image by cytis from Pixabay

Jangan berputus asa, melihat daftar antrian haji yang masih bertahun-tahun lamanya. Tetap berikhtiar agar Allah mengundang hamba-Nya dengan cara yang ajaib. Contohnya dengan membuat rencana kapan akan melakukan perjalanan umrah. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan impian pergi ke tanah suci. Inilah beberapa tips yang bisa Anda kerjakan agar dapat berangkat umrah saat masih muda. Yuk simak sampai akhir!

Memantaskan Diri Berangkat Umrah

Hal pertama yang bisa Anda luruskan adalah niat. Niat yang kuat untuk melaksanakan umrah. Perlu dipahami bahwa beribadah ke tanah suci merupakan panggilan dari Allah SWT. Bukan masalah laki-laki atau wanita, tua atau muda, kaya atau miskin, namun seberapa kesungguhan Anda untuk memantaskan diri di depan Allah SWT.

Maka, Anda harus mengiringi niat tersebut dengan usaha untuk memantaskan diri. Misalnya, lihat seberapa besar keinginan Anda untuk pergi umrah, mulai merutinkan ibadah-ibadah yang wajib, memperbanyak ibadah sunnah lebih sering, membantu urusan orang lain dan seterusnya. Sehingga Allah akan menilai kita pantas untuk melaksanakan ibadah yang lebih istimewa lagi yaitu beribadah di tanah suci.

Mempelajari Tentang Persiapan Ibadah

Selanjutnya, Anda mulai untuk mempelajari tentang apa saja yang perlu Anda siapkan untuk umrah. Mulai dari belajar tentang rukun umrah, apa saja yang dilakukan waktu di Baitullah, belajar tentang\menghafalkan bacaan doa yang dibaca saat umrah dan seterusnya.

Anda juga bisa menggali informasi teknis tentang tata cara ibadah umrah, dokumen yang harus disiapkan, membuat paspor, mencari biro travel umrah, bagaimana alur perjalanan selama di tanah suci dan lain-lain. Informasi yang banyak dapat membantu Anda agar lebih terarah.

Anda bisa mencari informasi tentang ibadah umrah lewat pencarian di internet, bisa juga bertanya kepada teman yang pernah menunaikan ibadah umrah.

Membuka Tabungan Khusus Umrah

Umrah adalah ibadah yang agak berbeda dengan ibadah lainnya, terutama mengenai biaya perjalanan untuk berangkat ke tanah suci yang tentu saja cukup relatif. Sebagai Anak muda, tentunya Anda mempunyai prioritas yang berbeda dalam mengalokasikan penghasilan yang Anda dapatkan. Aneka kebutuhan lain yang saat ini mungkin menjadi hal yang penting untuk Anda dahulukan.

pexels-karolina-grabowska-4386421 (1).jpg

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Bukan berarti, Anda tak bisa menjalani ibadah umrah di usia muda. Ketika Anda berniat untuk umrah, usahakan pula untuk merencanakan bagaimana agar Anda bisa mencapainya. Anda bisa mulai membuka tabungan umrah di lembaga keuangan yang Anda percaya.

Sekarang ini, ada banyak lembaga keuangan yang menyediakan layanan pembuatan tabungan khusus haji dan umrah. Tentunya Anda akan lebih terbantu karena ‘dipaksa’ menyimpan uang untuk mencapai tujuan Anda melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci. Yaitu dengan menyetorkan sejumlah dana tertentu sesuai rencana.

Menemukan Waktu Terbaik untuk Umrah

Selanjutnya Anda bisa menentukan waktu terbaik untuk pergi umrah. Bisa juga disesuaikan dengan jadwal Anda saat ini. Akan tetapi, sebaiknya Anda mengetahui waktu-waktu terbaik untuk berangkat umrah di tanah suci karena kondisi iklimnya yang cukup berbeda dengan di Indonesia.

Terdapat beberapa waktu terbaik yang bisa Anda pilih. Di antaranya adalah:

  • Bulan Ramadhan

Pada hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Jika bulan Ramadhan tiba, laksanakan umrah pada saat itu. Sebab umrah di bulan Ramadhan senilai dengan ibadah haji.” Tentunya, Anda juga bisa merasakan bagaimana suasana bulan suci di tanah suci yang membuat ibadah umrah Anda semakin terasa berkesan.

  • Bulan Maret-Mei

Seperti yang diketahui, iklim di Arab Saudi jauh beda dengan di Indonesia. Antara bulan Maret-Mei adalah waktu yang baik untuk Anda pergi umrah karena pada bulan tersebut cuaca tidak terlalu panas atau terlalu dingin sehingga nyaman dan lebih fokus untuk melaksanakan ibadah umrah.

  • Pada Awal dan Akhir Tahun

Baik awal maupun akhir tahun, menjadi saat yang pas bagi Anda ‘beristirahat’. Melakukan refleksi diri untuk mengevaluasi bagaimana setahun terakhir juga sebagai semangat untuk memulai awal baru yang lebih baik. Tentunya, juga dalam rangka lebih dekat kepada Allah SWT. Tak heran bila pada pergantian tahun menjadi waktu yang diminati untuk melakukan perjalanan umrah.

  • Sebelum dan Setelah Musim Haji

Nah, pada masa sebelum dan setelah musim Haji, kondisi di tanah suci cukup sepi. Anda dapat merencanakan umrah pada saat itu agar Anda bisa beribadah dengan khusyu tanpa harus berdesak-desakan. Momen seperti mencium hajar aswad ataupun berdoa di Hijr Ismail juga tidak akan terlewat.

Memilih Travel Umrah Terpercaya

Biasanya, untuk berangkat haji maupun umrah, membutuhkan bantuan biro perjalanan atau travel umrah. Apalagi untuk Anda yang baru pertama kali melaksanakan umrah, harus memilih travel umrah yang terpercaya.

19.jpg

Photo by Michał Parzuchowski on Unsplash

Anda bisa mencari informasi dari website, bertanya langsung ke kantor biro umrah di kota Anda, ataupun rekomendasi dari sahabat atau saudara yang pernah menggunakan biro jasa travel umrah tertentu. Hal ini untuk mewaspadai dari travel umrah bermasalah yang dapat menghambat perjalanan ibadah umrah Anda.

Hal-Hal yang Sebaiknya Dihindari

Terakhir, ada hal-hal yang harus Anda hindari ketika Anda berniat untuk umrah. Sebab tujuan utama dari umrah adalah semata-semata beribadah kepada Allah dalam rangka mendekatkan diri kepada-Nya. Hal yang harus Anda hindari:

  • menjalankan ibadah umrah dengan tujuan untuk bersenang-senang, karena memiliki kemampuan untuk melaksanakannya. Ingat, umrah bukanlah sekedar mengunjungi tempat wisata atau plesir.
  • Menunaikan umrah dengan tujuan riya’ atau pamer. Ibadah umrah adalah ibadah fisik yang sangat berpotensi untuk ditunjukkan kepada orang lain. Mengeluarkan biaya yang tak sedikit. Akan tetapi, untuk orang-orang yang Allah berikan kekayaan, sangat mudah untuk berangkat umrah ke tanah suci. Oleh karena itu, selalu perbaharui niat, agar tidak hanya sekedar untuk riya’.
  • Menjalankan umrah untuk tujuan mencari untung. Hindarilah melakukan ibadah umrah hanya semata-mata mencari keuntungan dunia, misalnya dengan berdagang. Pastikan niat Anda benar-benar murni untuk beribadah kepada Allah SWT.
  • Memaksakan diri untuk melaksanakan umrah. Ibadah umrah adalah untuk siapa saja yang mampu, jadi tidak perlu memaksakan diri untuk berangkat umrah jika memang belum dimampukan. Hal ini justru bisa menyusahkan diri sendiri dan juga orang lain.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar dapat berangkat umrah di usia muda. Tidak ada salahnya memulai merencanakan untuk pergi umrah dari sekarang. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://safar.co.id